4 Jenis Makanan/Minuman yang Dihindari penderita diabetes

4 Jenis Makanan/Minuman yang Dihindari penderita diabetes 


Penyakit diabetes atau kencing manis atau nama ilmiahnya diabetes mellitus merupakan kelainan sistem insulin karena berlebihnya kadar glukosa di dalam aliran darah. Ada dua jenis diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2 , Tipe yang no 2 ini lebih sering di derita oleh orang dewasa dengan usia berkisar 35 tahun ke atas . Tetapi tetap saja memiliki perbedaan mendasar yang patut diketahui, mulai dari penyebab, gejala, dan cara pencegahan.

Seiring berjalannya waktu penderita diabetes mellitus tipe 2 tidak hanya terjadi pada orang tua , tetapi sudah sering pada beberapa tahun ini anak muda usia 20 - 25 tahunan ke atas pun sudah terkena penyakit diabetes mellitus ini .Penyebab yang sering di jumpai pada diabetes tipe 2 adalah pola makan yang tidak tepat dan tidak teratur disertai jarangnya aktivitas olah tubuh olahraga.

Gajala tipes ke 2 ini sulit untuk di ketahui secara normal , tapi akan terlihat jika sudah mengalami tanda - tanda yang menyebabkan tubuh terasa :
  • Mudah Merasa Lelah 
  • Sering Membuang Air Kecil
  • Berat badan berkurang
  • Nafsu Makan bertambah
  • Pengelihatan mulai kabur dan buram 
  • Menurunya fungsi saraf
  • Masalah kulit
  • Mudah merasa lelah
  • Gangguan pada gusi
Mungkin jika kalian merasakan salah satu tanda di atas , anda bisa jadi memiliki penyakit diabetes ini ,Cara paling mudah jika anda ingin mengetahui hasil pastinya adalah dengan melakukan tes gula darah. Jika positif mengidap diabetes, yang dapat kalian lakukan sebagai cara mengobati diabetes biasanya diawali dengan upaya minum obat oral atau obat telan, merubah pola hidup seperti perbanyak olahraga dan makan teratur, diet (mengurangi asupan karbohidrat), dan lewat pengurangan berat badan juga sering terjadi.

Orang yang sudah terkena penyakit diabetes ini perlu lebih berhati-hati dengan makanan yang mereka konsumsi. Pendertia diabetes harus memiliki pola gaya hidup yang berbeda 190derajat dari pola makan biasanya , terutama menghindari pada makanan yang memiliki tingkat gula yang tinggi , dan yang perlu di lakukan adalah menjaga tingkat gula darah, berat badan yang sehat, dan mencegah komplikasi diabetes.

Berdasarkan American Diabetes Association, orang yang terkena diabetes tipe-2 bisa menikmati makanan apapun. Namun sebaiknya ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari, berikut ini.

1. Gula

Menambahkan gula pada makanan bisa meningkatkan tingkat gula dalam darah. Orang dengan diabetes tipe-2 yang mengonsumsi makanan yang manis bisa lebih berisiko untuk mengalami komplikasi. Beberapa jenis komplikasi akibat kelebihan gula antara lain adalah kerusakan retina, kerusakan saraf, borok pada kaki, masalah kulit, dan penyakit ginjal.

2. Lemak

Batasi konsumsi lemak karena kaya akan kalori. Mengonsumsi terlalu banyak kalori dalam lemak akan menyebabkan obesitas. Obesitas tak hanya menyebabkan komplikasi bagi penderita diabetes tapi juga salah satu faktor risiko yang bisa memicu penyakit lainnya seperti penyakit jantung, kanker, tekanan darah tinggi, asma, dan arthritis. Turunkan konsumsi lemak dengan memiliki produk yang rendah lemak, mengonsumsi daging tanpa lemak, sayuran, dan gandum utuh.

3. Karbohidrat

Semua orang membutuhkan karbohidrat sebagai bagian dari diet sehat dan seimbang. Namun sebaiknya pasien diabetes memilih karbohidrat yang mereka konsumsi dengan bijak. Hal ini berkaitan dengan tingkatan indeks glisemik yang mereka miliki.

4. Alkohol

Pasien diabetes tipe-2 sebaiknya menghindari alkohol sama sekali. ADA hanya memperbolehkan mereka mengonsumsi alkohol juga gula darah sudah terkontrol dengan baik dan tidak meminumnya dalam jumlah yang banyak. Sebuah penelitian mengungkap bahwa mengonsumsi alkohol bisa menurunkan risiko penyakit jantung pada pasien diabetes. Namun mengonsumsi terlalu banyak alkohol bisa berimbas buruk pada gula darah dan justru  merusak jantung.

Daripada memiliki makanan olahan yang mengandung karbohidrat, sebaiknya pasien diabetes mengonsumsi beberapa jenis sayuran. Namun pasien diabetes tipe-2 juga sebaiknya berhati-hati agar tidak mengonsumsi terlalu banyak sayuran yang mengandung zat tepung karena bisa meningkatkan gula darah.

  • sumber : suara surabaya 

JasaMaklonMinuman

Dapatkan Produk minuman dengan berbagai varian rasa dan jenis yag sangat nikmat . Perusahaan minuman terbaik yang ada di kabupaten Sidoarjo kota Surabaya , Untuk Info Lebih lengkap dapat mengunjungi Website resmi BelBel.